Bawang merah sering kita jumpai sebagai racikan dasar dari setiap masakan di Indonesia. Namun ternyata khasiat yang dimiliki tanaman ini sungguh luar biasa. Tanaman ini diduga berasal dari daerah Asia Tengah yaitu sekitar India. Bunga bawang merah merupakan bunga majemuk berbentuk tandan yang bertangkai dengan 50-200 kuntum bunga. Pada ujung dan pangkal tangkai mengecil dan dibagian tengah menggembung, bentuknya seperti pipa yang berlubang didalamnya. Tangkai tandan bunga ini sangat panjang, lebih tinggi dari daunnya sendiri dan mencapai 30-50 cm. Bunga bawang merah termasuk bunga sempurna yang tiap bunga terdapat benang sari dan kepala putik. Bakal buah sebenarnya terbentuk dari 3 daun buah yang disebut carpel, yang membentuk tiga buah ruang dan dalam tiap ruang tersebut terdapat 2 calon biji.Buah berbentuk bulat dengan ujung tumpul. Bentuk biji agak pipih. Biji bawang merah dapat digunakan sebagai bahan perbanyakan tanaman secara generatif.

Bawang merah mengandung vitamin C, potassium, serat dan Acid Folic selain itu juga mengandung kalsium, zat besi dan protein dengan kandungan yang tinggi. Bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberein. Kegunaan lain bawang merah adalah sebagai obat tradisional, bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikroba yang bersifat bakterisida

Dalam sebuah penelitian yang terbaru menunjukan bahwa bawang merah bisa membantu atau mengotrol berat badan, mencegah diabetes, dan mengurang tekanan darah.

Melalui penelitian itu, ilmuwan biomedical di University of Southern Queensland telah menunjukkan bahwa bawang bisa memerangi obesitas, diabetes, dan kenaikan tekanan darah, menurut laporan Courier Mail.

Mereka menyoroti ekstraksi rutin dari proses pembalikan lemak bawang pada tikus di laboratorium. Terbukti proses itu mampu menurunkan tekanan darah, membalikkan masalah glukosa, dan memperbaiki kerusakan hati.

 

Sumber: Wikipedia & Tipsehat.net